TEKNOLOGI PRODUKSI TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA

Posted by Unknown Sabtu, 27 Oktober 2012 0 komentar

TUGAS
KOMPUTER 1
FUNGSI ICON PADA MICROSFT WORD 2007








NAMA             : LEMON DUYALA
KELAS             : TEKNOLOGI PENGGENDALI TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA






JOIN PROGRAM D-4 PPPPTK CIANJUR DENGAN
POLITEKNIK NEGERI JEMBER
TAHUN AKADEMIK 20012-2013



MICROSOFT WORD 2007: Fungsi Icon Tab Home


 Tampilan Jendela MS Word 2007
tampilan-word-2007

Office Button

Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.

 office-button


Keterangan:

Nama Icon
Keterangan
New
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
Open
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
Save
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
Save As
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
Print
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
Prepare
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
Send
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
Publish
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
Close
digunakan untuk menutup file dokumen aktif

Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home

tab-home
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.
 Group Clipboard
clippboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.

 

Group Font

font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.

Group Paragraph

paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center : untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

Group Styles

styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

Group Editing

editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

MICROSOFT WORD 2007: Fungsi Icon Tab Insert

Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
insert-tab
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah:
(1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan
(7) Symbols.

A. Fungsi Icon di Group Pages
tab-insert-pages
Kata Kunci Bahasan

Cover Page
digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
Blank Page
untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
Break Page
untuk memisah suatu halaman file dokumen



B. Fungsi Icon di Group Tables
tab-insert-tables
Kata Kunci Pembahasan

Insert Table…
untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
Draw Table
untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
Convert Text to Table…
digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
Excel Spreadsheet
untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
Quick Tables…
untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010

C. Fungsi Icon di Group Illustrations
tab-insert-illustrations


Picture
digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
Clip Art
untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
Shapes
digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
SmartArt
digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
Chart
digunakan untuk menyisipkan diagram


D. Fungsi Icon di Group Links
tab-insert-links
Kata Kunci Bahasan

Hyperlink
digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
Bookmark
digunakan membuat penanda buku
Cross-Reference
digunakan untuk membuat referensi antar file

E. Fungsi Icon di Group Header & Footer
tab-insert-header-and-footer
Kata Kunci Bahasan

Header
digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
Footer
digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
Page Number
digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman

F. Fungsi Icon di Group Text
tab-insert-text
Kata Kunci Bahasan

Text Box
digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
Quick Parts
digunakan untuk mengatur teks otomatis dll
WordArt
digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
Drop Cap
digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
Signature Line
digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
Date & Time
digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
Object
digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)

G. Fungsi Icon di Group Symbols
tab-insert-symbols
Equation: digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol: digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.

Fungsi Icon pada Tab Page Layout

tab-page-layout
Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk pengaturan tataletak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu :
 (1) Themes, (2) Page Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.

A. Icon Perintah di Group Themes

tab-page-layout-themes
kata kunci

Themes
digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
Color
digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
Fonts
digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
Effect
digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.

B. Icon Perintah di Group Page Setup

Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu :
(1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
tab-page-layout-page-setup
kata kunci
Margins
digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
Orientation
digunakan untuk mengatur posisi kertas.
Size
digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
Columns
digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
Breaks
digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
Line Numbers
digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
Hypenation
digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.

C. Icon Perintah di Group Page Background

Perintah-perintah di group Page Background digunakan untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yang sedang digarap. Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.
tab-page-layout-page-background
KATA KUNCI

Watermark
digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
Page Color
digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
Page Borders
digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.

D. Icon Perintah di Group Paragraph

Menu perintah di Group Paragraph ini secara umum digunakan untuk pengaturan seputar paragraf teks. Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.
tab-page-layout-paragraph
KATA KUNCI

Indent
digunakan untuk mengatur batas teks;
Spacing
digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.

E. Icon Perintah di Group Arrange

Secara umum, perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur: (a ) posisi objek di antara teks, (2) posisi objek dengan objek lainnya, (3) mengatur aliansi objek di halaman dokumen.
tab-page-layout-arrange
KATA KUNCI

Position
digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
Wrap text
digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
Bring Forward
digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
Send Backward
digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
Selection Pane
menampilkan panel navigasi objek
Align
digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
Group
digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
Rotate
digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih

1   Table of Contents
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKPaF_S4OIeQJO4ygdO2xa_Ekp6yw8GThHuOukC-AQd15Yy0OVWHQcTWyVjHYA-GHh7gvqnq6H50MEmIphKGNi_nmySanJ2Ndptf4Sy_vBvAAvnphF-4OHde6L7XCW4MuhyI8VZHIp2m0F/s1600/Tabel+of+Content.png
      Keterangan :
a.  Table of Contents
Table of Contents berfungsi untuk mengelolah daftar isi
b.   Add Text
Add Text berfungsi untuk mengelolah paragraph terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
c.    Update Table
Update Table berfungsi untuk memperbaharui daftar isi
      Footnotes
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi67rX3IKvv7C-P8A2eGI-wDe9r9YKGOT44DYtQN22WGer98QZf_df38aNef9BIVbF4z5uVdLYrzyCfe5lKUGvyhPPsAiDBLv9ZtBUAUhBC2cJNC29Z3UgOHS-7BJN55VEvqPpdOcranIfo/s320/Footnotes.png
      Keteranga :
a.    Insert Footnote
Insert Footnote berfungsi untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau footer
b.   Insert Endnote
Inset Endnote berfungsi untuk menyisipkan catatan di akhir bab
c.   Next Footnote
Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote
d.   Show Notes
Show Notes berfungsi untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau endnote
     Citations & Bibliography
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRzaXcqySA-4jahzhHCTmYzXKr_auPB-n-NoB9NPrLJD0J9vtnbJJLB92nNgNH0obycVs4ijD3Sf2cumvAWeJIhtyTv2AGLHLh-V0xyhH1TYWs3FScZ92dCmOTMTfMSXw1z0bLGtxQciQO/s1600/Citation.png
      Keteranga:
a.   Insert Citation
Insert Citation berfungsi untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
b.   Manage Sources
Manage Sources berfungsi untuk mengelolah seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah di sisipkan disemua segmen file dokumen
c.   Style
Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
d.    Bibliography
Bibliography berfungsi untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif.
      Caption
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUgQg5dFefvABL5kMiIYmNxpx_Mquj3IDNV246nwM0d2u9KYFXVDmZP_ItTDOChl4PDOuvRLNlgU_fUkCldGXHsiMZ59uLi_saLE4k4vLJVFnDLQaS8i_o-4qKBrYJ_f2b1Zcm4UXJmvYY/s320/Caption.png
      Keteranga :
a.    Inser Caption
Insert Caption berfungsi untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
b.   Inser Table of Figures
Insert Table of Figures berfungsi untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
c.   Update Table
Update Table berfungsi untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
d.   Cross-reference
Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
      Index
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLFHUTLOgmr9cid2uNFkbYK0-QuA5ZAvbesA7xz90d-fsbLuuJFiyeRVvpWZdFFSf8nnQKi3DQ3zLqSlw6mgk_AjZRFIC08KEBrdxUBn1u4yVHqO89sJNygixxs0C3QbIDYGYL2mjn3NA7/s320/Index.png
a.   Mark Entry
Mark Entry berfungsi untuk menandai masukan baru dalam dokumen
b.   Insert Index
Insert Index berfungsi untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
c.   Update Index
Update index berfungsi untuk memperbarui daftar index terkini
      Table of Authorities
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVzGkFXhZZ_Fn2E6uFmFOsm5ZBUuNPC2YQDA1xI7nUE7qjuz-bq3XbVKutDBtg4jfbz7jggDeVdCjhrWYZue6zB6ZdICOk37dG0OARFK2sR8i_ViLfz6ZmlAm5CQcDur5botIf1cjo-RLC/s320/Table+Of+Authorities.png
Keteranga :
a.   Mark Citation
Mark Citation berfungsi untuk menandai kutipan
b.   Insert Table of Authorities
Insert Table of Authorities berfungsi untuk membuat daftar kutipan
c.   Update Table
Update Table berfungsi untuk memperbaharui daftar kutipan


Read More..

Total Tayangan Laman